RAMBUT RUSAK?? OH NOOOOOO......


Beberapa Wanita menginginkan rambut yang cantik bukan? Rambut yang tebal, memiliki akar kuat, tidak kering dan kusam, serta tidak adanya ketombe adalah idaman semua wanita. Selain dari factor internal dari dalam tubuh seperti kurangnya vitamin e dan b yang terdapat pada buah dan sayuran, kerusakan rambut juga disebabkan dari factor eksternal seperti polusi udara dan obat kimia. Apalagi dengan adanya berbagai macam alat penata rambut yang bersifat panas seperti alat catok, curly hair, hair dryer yang semakin memperburuk kondisi rambut anda.
Namun jangan khawatir karena kerusakan pada rambut akan terurai seiring pertumbuhan rambut jika kita mau merawatnya. Disamping berbagai macam produk perawatan yang ditawarkan oleh salon kecantikan, kita dapat merawat rambut dirumah menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan. Berikut adalah cara terampuh berdasarkan survey yang saya lakukan sendiri…

1. Santan
Caranya oleskan 300 ml hingga 500 ml santan ke kulit kepala dan rambut. Kemudian tutup rambut dengan handuk hangat dan diamkan selama 15 hingga 20 menit, lalu bilas dengan air dingin. Santan ini selain mempercepat memanjangkan rambut, santan juga bisa menghitamkan dan membuat rambut berkilau.

2.  Lidah Buaya
 Tak usah diragukan lagi jika tumbuhan mirip kaktus ini memang menyimpan sejuta manfaat bagi kesehatan rambut. Cara penggunaannyapun juga cukup mudah, anda cukup mengoleskan daging lidah buaya yang sudah ditumbuk pada permukaan kulit kepala, lalu bungkus rambut dan kulit kepala dengan handuk hangat selama 20 menit, kemudian cuci rambut sampai bersih. Disarankan untuk tidak mendiamkan rambut terlalu lama saat melakukan perawatan rambut dengan lidah buaya ini, karena gel lidah buaya bisa membuat rambut menjadi lengket sehingga nantinya akan sangat sulit dibersihkan jika sudah kering. Fungsi penggunaan handuk hangat sendiri adalah untuk mencegah gel lidah buaya agar tidak terlalu cepat mengering.
3. Gunakan Madu
Madu adalah salah satu makanan kaya nutrisi yang memiliki sejuta manfaat bagi tubuh. Selain dapat dimanfaatkan sebagai pangan, akhir-akhir ini madu juga banyak digunakan dalam produk-produk kosmetika. Untuk dapat merasakan manfaat madu bagi kesehatan rambut, cukup oleskan 1-2 sendok makan madu murni pada kulit kepala lalu pijat-pijat selama 15 menit. Menggunakan madu sebagai masker luar dapat membuat rambut anda tetap lembab sehingga tidak akan terlihat tipis dan kusut.
4. Minyak Kemiri
Minyak ini bisa di beli di toko kecantikan atau bisa juga membuatnya sendiri untuk menghemat biaya,caranya cukup mudah yaitu: cuci bersih biji kemiri kemudian tiriskan. Campurkan biji kemiri dan air ke dalam blender, lalu proses hingga halus. Siapkan penggorengan dan kain katun bersih, saring larutan biji kemiri dan air dengan kain sedikit demi sedikit. Peras hingga tersisa ampasnya di kain. Buang ampas kemiri, sedangkan cairannya kita masak menjadi minyak. Nyalakan kompor dengan api kecil, letakkan penggorengan berisi larutan bening biji kemiri di atasnya. Aduk perlahan hingga larutan biji kemiri berubah menjadi minyak. Masak sampai benar-benar matang, cirinya ada endapan coklat di bawah penggorengan yang menandakan minyak kemiri benar-benar matang. Setelah itu matikan kompor dan tunggu sampai minyak kemiri dingin dan mengendap. Siapkan botol kaca yang bersih dan kering, saring minyak kemiri dengan kain bersih ke dalam botol atau ke dalam mangkuk kaca terlebih dahulu. Baru setelahnya dimasukkan ke dalam botol lewat corong. Simpan minyak kemiri dalam suhu sedang dan bisa digunakan untuk sekitar 3 bulan.
4. Minyak Zaitun
Minyak zaitun sudah terkenal sebagai minyak yang mengandung seribu manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Salah satu manfaat minyak zaitun adalah untuk kesehatan kulit dan kesehatan rambut, untuk kesehatan rambut anda bisa mengambil minyak zaitun secukupnya, kemudian teteskan kekulit kepala dan pijat kulit kepala sampai merata, cara ini sebaiknya anda gunakan ketika hendak tidur, setelah minyak zaitun merata keseluruh kulit kepala, biarkan semalaman dan bilas ketika anda bangun esok pagi. Disamping bermanfaat untuk menumbuhkan rambut kepala, ini juga berguna untuk kesehatan kulit kepala anda.
Referensi :

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar