Math
atau yang biasanya kita sebut matematika adalah hal yang sering kita temui saat
sekolah. Kenapa saya tebalkan dan memeberi warna merah? karena ini adalah hal
yang paling ditakuti oleh para siswa pada umumnya. Jangan kan pada saat jam
pembelajaran, ketika dibagikan jadwal pasti kita sudah males melihatnya kalu
yang tertulis adalah matematika. Namuuunnnn, bagi siswa yang senang akan ini
pasti mereka sangat exited ketika membacanya. Dan pada saat ulangan datang
mereka para pecinta matematikalah yang di incar oleh para pemangsa dari
kalangan pembenci matematika. Naaah disini saya akan memberi tahu anda
asal-usul dari matematika tersebut.
Matematika
adalah alat yang dapat membantu memecahkan berbagai permasalahan (dalam
pemerintahan,industri, sains). Sejarah matematika adalah penyelidikan terhadap
asalmula penemuan di dalam matematika dansedikit perluasannya, penyelidikan
terhadap metode dan notasi matematika dimasa silam. Dalam perjalanan
sejarahnya, matematika berperan membangun peradaban manusia sepanjang masa.
Kata
"matematika" berasal dari kata μάθημα(máthema) dalam bahasa Yunani yang
diartikan sebagai "sains, ilmu pengetahuan, atau belajar" juga
μαθηματικός (mathematikós) yang diartikan sebagai "suka belajar".
Metode
yang digunakan adalah eksperimen atau penalaran induktif dan penalaran
deduktif.Penalaran induktif adalah penarikan kesimpulan setelah melihat
kasus-kasus yangkhusus. Kesimpulan penalaran induktif memiliki derajat
kebenaran barangkalibenar atau tidak perlu benar.
Sebelum
zaman modern dan penyebaran ilmu pengetahuan ke seluruh dunia, contoh-contoh
tertulis dari pengembangan matematika telah mengalami kemilau hanya di beberapa
tempat.Tulisan matematika terkuno yang telah ditemukan adalah Plimpton322
(matematika Babilonia sekitar 1900 SM), Lembaran Matematika Rhind (Matematika
Mesir sekitar 2000-1800 SM) dan Lembaran Matematika Moskwa (matematika Mesir
sekitar 1890 SM). Semua tulisan itu membahas teorema yang umum dikenal sebagai
teorema Pythagoras,yang tampaknya menjadi pengembangan matematika tertua dan
paling tersebar luas setelah aritmetika dasar dan geometri.
Sumbangan
matematikawan Yunani memurnikan metode-metode (khususnya melalui pengenalan
penalaran deduktif dan kekakuan matematika di dalam pembuktian matematika) dan
perluasan pokok bahasan matematika. Kata "matematika" berasal dari
kata μάθημα(máthema) dalam bahasa Yunani yang diartikan sebagai "sains,
ilmu pengetahuan, atau belajar" juga μαθηματικός (mathematikós) yang
diartikan sebagai "suka belajar". Matematika Cina membuat sumbangan
dini, termasuk notasi posisional. Sistem bilangan Hindu-Arab dan aturan
penggunaan operasinya, digunakan hingga kini, mungkin dikembangakan melalui
kuliah pada milenium pertama Masehi di dalam matematika India dan telah
diteruskan ke Barat melalui matematika Islam. Matematika Islam, pada
gilirannya, mengembangkan dan memperluas pengetahuan matematika ke peradaban
ini. Banyak naskah berbahasa Yunani dan Arab tentang matematika kemudian
diterjemahkan ke dalam bahasa Latin, yang mengarah pada pengembangan matematika
lebih jauh lagi di Zaman Pertengahan Eropa.
Dari
zaman kuno melalui Zaman Pertengahan, ledakan kreativitas matematika seringkali
diikuti oleh abad-abad kemandekan. Bermula pada abad Renaisans Italia pada abad
ke-16, pengembangan matematika baru, berinteraksi dengan penemuan ilmiah baru,
dibuat pada pertumbuhan eksponensial yang berlanjut hingga kini.
Kini
matematika memang masih menjadi hal yang menakutkan, namun dengan kecanggihan
alat elektronik kita dapat belajar matematika dengan menyenangkan, dengan cara
yang inspiratif juga tentunya. Sekarang banyak games yang mulai mengadopsi
matematika sebagai idenya, ditambah dihiasi dengan gambar-gambar yang menarik
tentu menarik perhatian anak-anak kecil yang senang bermain games. Nah tentunya
disini anak dapat bermain sambil belajar, disamping itu dengan games matematika
dapat membuat logika anak menjadi semakin aktif dan membuat anak semakin
cerdas.
Referensi :
http://diahwidyastuti.blogspot.com/p/sejarah-matematika.html
0 komentar:
Posting Komentar