Ilmu Budaya Dasar

Ilmu budaya dasar atau IBD adalah ilmu yang kita pelajari saat kuliah. Ilmu ini merupakan pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah pendidikan dan kebudayaan. Ilmu ini membicarakan tentang nilai-nilai kebudayaan dan berbagai macam masalah yang dihadapi manusia. Ilmu Budaya Dasar berasal dari kata Basic Humanitiesm yang diambil dari bahasa Inggris "The Humanities". Dengan mempelajari the humanities diharapkan seseorang akan lebih bersikap manusiawi, lebih berbudaya, dan lebih halus.
    
Ilmu budaya dasar berbeda dengan pengetahuan budaya karena jika pengetahuan budaya mempelajari tentang masalah nilai-nilai manusia sebagai makhluk berbudaya (homo humanus), sedangkan ilmu budaya dasar mempelajari tentang pengetahuan dasar dan pengertian umum konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah manusia dan budaya. 

Dengan adanya Ilmu budaya dasar mahasiswa diharapkan dapat memiliki latar belakang pengetahuan  kebudayaan Indonesia yang cukup luas pada umunya. Dan mahasiwa dapat turut mendukung mengembangkan kebuayaan sendiri dengan kreatif. Ilmu budaya dasar tidak dimaksudkan untuk mendidik ahli-ahli dalam satu bidang keahlian yang termasuk didalam pengetahuan budaya (the humanities), tetapi ilmu budaya dasar semata-mata sebagai salah satu usaha mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap nilai-nilai budaya, baik menyangkut oranglain dan alam sekitarnya, maupun yang menyangkut dirinya sendiri.


Dikutip dari : Nugroho, W. dan Muchji, A.(1996). Ilmu Budaya Dasar.Jakarta: Penerbit Gunadarma

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar