Manusia dan Kebudayaan



Manusia dan kebudayaan adalah suatu hal yang tidak dapat dipisahkan. Karena manusia merupakan pelaku dari kebudayaan tersebut dan tidak akan ada kebudayaan jika tidak ada pencipta dari budaya tersebut

A. Manusia
     Manusia adalah suatu makhluk yang mempunyai struktur yang paling sempurna diantara makhluk lainnya. Manusia juga dibekali akal pikiran yang tidak dimiliki oleh makhluk lain. Berikut ini beberapa pengertian dari manusia :

1. Manusia sebagai makhluk biologis
Secara biologis manusia dimasukkan ke dalam species homo sapiens, sebuah spesies primata dari golongan mamalia yang dilengkapi otak berkemampuan tinggi.

2. Manusia sebagai makhluk rohani/spiritual
Secara rohani manusia digambarkan sebagai sosok makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna, yang diberikan akal budi untuk membedakan sesuatu yang baik dan salah.

3. Manusia sebagai antropologi kebudayaan
Secara antropologi kebudayaan manusia diartikan sebagai suatu makhluk yang memiliki kemampuan untuk membentuk kelompok dan berlembaga untuk saling melengkapi satu sama lain.

Pada dasarnya manusia juga memiliki hakekat, diantaranya :
1. Makhluk ciptaan Tuhan yang terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuanyang utuh
2. Makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna, jika dibandingkan dengan makhluk lainnya.
3. Makhluk biokultural, yaitu makhluk hayati yang budayawi.
4. Makhluk ciptann Tuhan yang terikat dengan lingkungan (ekologi), mempunyai kualitas dan martabat karena kemampuan bekerja dan berkarya.

B. Kebudayaan
     Kebudayaan berasal dari kata budhayah yang berarti budi atau akal. Sedangkan dalam bahasa latin budaya berasal dari kata colere, yang berarti mengolah tanah. Jadi secara umum kebudayaan daat diartikan sesuatu yang dihasilakan akal budi (pikiran) manusia dengan tujuan untuk mengolah tanah (tempat tinggal) atau dapat pula diartkan sebagai segala usaha manusia untuk dapat melangsungkan dan menpertahankan hidupnya di dalam lingkungannya.

Terdapat 7 unsur kebudayaan :
1. Sistem religi
2. Sistem organisasi kemasyarakatan
3. Sistem pengetahuan
4. Sistem mata pencaharian hidup
5. Sistem teknologi dan peralatan
6. Bahasa
7. Kesenian

Kebudayaan juga sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.

C. Kaitan Manusia dan Budaya
     Manusia dan kebudayaan dinilai sebagai dwitunggal yaitu walaupun keduanya berbeda tetapi keduanya merupakan satu kesatuan. Manusia yang menciptakan kebudayaan dan setelah kebudayaan tercipta maka kebudayaan itu yang mengatur kehidupan manusia agar sesuai dengannya. Disinilah tampak adanya hubungan dan keterkaitan.
     Manusia dan kebudayaan mempunyai hubungan keterkaitan yang erat satu sama lain. Pada jaman sekarang kita tidak bisa membedakan mana yang lebih awal muncul karena jaman sekarang manusia dan kebudayaan adalah hal yang saling melengkapi.


Link :
Nugroho, W. dan Muchji, A.(1996). Ilmu Budaya Dasar.Jakarta: Penerbit Gunadarma 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar