Manusia dan Tanggung Jawab

     Manusia adalah seorang khalifah di bumi. Setiap manusia di dunia ini pasti memiliki hak dan kewajiban dan yang tak ketinggalan adalah tanggung jawab. Tanggung jawab merupakan hal yang sangat penting dalam hidup bermasyarakat. Selain untuk bisa dihargai oleh orang banyak, tanggung jawab juga merupakan sebuah kunci kesuksesan karena bisa menimbulkan kepercayaan seseorang kepadanya. Sekarang apa sih makna dari tanggung jawab itu sendiri? Yuuuk kita bahas.
     Tanggung jawab menurut kamus umum Bahasa Indonesia adalah keadaan menanggung segala sesuatunya. Jadi maksudnya tanggung jawab adalah berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya, atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya. Tanggung jawab merupakan buah kesadaran dari sesuatu yang dilakukan baik disengaja maupun yang tidak disengaja. Dari sikap tanggung jawab inilah manusia bisa diukur kebaikannya dari segi kualitas ilmu dan sifat manusia itu sendiri.
      Manusia yang memiliki tanggung jawab bukan hanya orang dewasa yang sudah bekerja ataupun yang sudah berkeluarga saja, namun sebagai seorang pelajar ataupun mahasiswa juga harus memiliki rasa tanggung jawab. Sebagai salah satu contoh seorang pelajar bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan oleh gurunya. Begitupun mahasiswa yang memiliki rasa tanggung jawab mengenai tugas yang ia buat, contohnya makalah yang ia bikin harus ia tanggung jawab dalam bentuk presentasi didepan dosen dan teman-temannya, dan karya ilmiah yang ia buat harus ia tanggung jawab dalam bentuk sidang di depan para dosen dengan menjelaskan isi makalah yang sudah diteliti terlebih dahulu. 
       Jika seorang mahasiswa memiliki sifat itu, pastilah mahasiswa tidak akan mudah mengeluh lelah, ataupun berkegantungan terhadap yang pintar saja. Mahasiswa pasti jauh lebih berfikir ke depan bertanggung jawab untuk masa depannya nanti. Tidak berfikir anarkis ataupun semena-mena tentang apa yang ia perbuat. Mahasiswa yang seperti inilah yang dibutuhkan dalam dunia bekerja dan yang akan memajukan Bangsanya. Rasa tanggung jawab itupun sendiri terbagi menjadi beberapa macam tanggung jawab, yaitu :
 
1. Tanggung jawab terhadap diri sendiri
2. Tanggung jawabterhadap keluarga
3. Tanggung jawab terhadap masyarakat
4. Tanggung jawab terhadap Bangsa dan
    Negara
5. Tanggung jawab terhadap Tuhan




* Sekian dulu terima kasih ^__^  *


#Terinspirasi dari buku : Nugroho, W. dan Muchji, A.(1996). Ilmu Budaya Dasar.Jakarta: Penerbit Gunadarma  


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar