Bersosialisasi Kunci Hidup di Dunia


Hidup di dunia ini tidak lepas dari yang namanya kehidupan sosial. Sosial dapat dikatakan sebagai perantara antara manusia hingga dapat hidup rukun bersama-sama menuju kehidupan yang bahagia. Cara yang dilakukannya adalah bersosialisasi dengan sesama umat dengan menghargai perbedaan dan hidup saling tolong menolong. Tanpa bersosialisasi maka manusia akan menjadi suatu makhluk individu yang tidak mempedulikan makhluk lain yang ada disekitarnya. Berikut adalah definisi sosial dari beberapa ahli yaitu :

1.      LEWIS
Sosial adalah sesuatu yang dicapai, dihasilkan dan ditetapkan dalam interaksi sehari-hari antara warga negara dan pemerintahannya.

2.      KEITH JACOBS
Sosial adalah sesuatu yang dibangun dan terjadi dalam sebuah situs komunitas.

3.      RUTH AYLETT
Sosial adalah sesuatu yang dipahami sebagai sebuah perbedaan namun tetap inheren dan terintegrasi.

4.      PAUL ERNEST
Sosial lebih dari sekedar jumlah manusia secara individu karena mereka terlibat dalam berbagai kegiatan bersama.

5.      PHILIP WEXLER
Sosial adalah sifat dasar dari setiap individu manusia.

6.      ENDA M. C
Sosial adalah cara tentang bagaimana para individu saling berhubungan.

7.      LENA DOMINELLI
Sosial adalah merupakan bagian yang tidak utuh dari sebuah hubungan manusia sehingga membutuhkan pemakluman atas hal-hal yang bersifat rapuh di dalamnya.

8.      PETER HERMAN
Sosial adalah sesuatu yang dipahami sebagai suatu perbedaan namun tetap merupakan sebagai satu kesatuan.

9.      ENGIN FAHRI. I
Sosial adalah sebuah inti dari bagaimana para individu berhubungan walaupun masih juga diperdebatkan tentang pola berhubungan para individu tersebut.

Semua orang di dunia ini menpunyai karakter dan sifat yang berbeda-beda. Untuk dapat menghargai itu semua kita membutuhkan suatu cara bersosialisasi. Cara bersosialisasi antara lain yaitu :

1.       1.  Kenali dan pahami karakter orang lain
2.       2. Bersikaplah dengan ramah dan sopan
3.       3.  Hindari berbicara secara berlebihan
4.       4.   Jangan pernah minder dengan status sosial anda
5.       5.  Ikuti apa saja yang menjadi peraturan dan kebiasaan di lingkungan baru anda.
6.       6.  Usahakan menyapa terlebih dahulu bila bertemu dengan seseorang yang ada di lingkungan anda.

Ternyata di dunia ini terutama Indonesia banyak sekali masalh sosial yang terjadi. Sebagai contohnya adalah kemiskinan. Kemiskinan merupakan keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan , pakaian , tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar, ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan. Cara mengatasi kemiskinan antara lain adalah dengan cara meningkatkan pendidikan rakyat. Dengan mempunyai pendidikan diharapkan masyarakat akan mendapatkan pekerjaan yang layak untuk dapat hidup berkecukupan. Untuk itu pemerintah diharapkan untuk lebih meningkatkan pendidikan rakyat dengan semaksimal mungkin demi mengatasi masalah sosial yang ada di negeri ini.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar