Hubungan Timbal Balik Organisasi, Manajemen, dan Tata Kerja

  • Pengertian Organisasi

       Sekarang ini banyak organisasi-organisasi yang ada di masyarakat, namun apakah kalian tahu makna organisasi itu apa, atau hanya sekedar ikut-ikutan saja? Nah disini saya akan bahas mengenai makna organisasi itu sendiri.
    Organisasi adalah bentuk kerja sama dari sekelompok manusia untuk mencapai tujuan bersama yaitu tujuan organisasi. Untuk dapat mencapai tujuan organisasi tersebut diperlukan kerjasama yamg baik antara ketua dengan anggota organisasi. Masing-masing anggota mengerjakan tugasnya sesuai dengan bidangnya masing-masing dengan pengarahan dari ketua organisasi. Pada dasarnya sebuah organisasi didasari pada visi dan misi serta tujuan yang sama sebagai bentuk perwujudan eksistensi kelompok terhadap masyarakat.  Orang-orang yang ada di dalam suatu organisasi mempunyai suatu keterkaitan yang terus menerus. Rasa keterkaitan ini bukan berarti keanggotaan seumur hidup akan tetapi sebaliknya, organisasi menghadapi perubahan yang konstan di dalam keanggotaan mereka meskipun pada saat mereka menjadi anggota, mereka akan berpartisipasi secara relatif teratur.



    • Manajemen dan Organisasi

         Selanjutnya apa sih hubungannya organisasi dengan manajemen? Seperlukah manajemen dalam berorganisasi? Mari kita bahas mengenai manajemen terlebih dahulu. 
           Manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno yaitu ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Karenanya, manajemen dapat diartikan sebagai ilmu dan seni tentang upaya untuk memanfaatkan semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan secara efektif dan efesien. Salah satu peranan manajemen adalah sebagai penentu berhasil atau tidaknya suatu organisasi dalam mencapai tujuan. Jika ada organisasi yang gagal mencapai tujuannya, hal itu dapat dipastikan organisasi tersebut mempunyai sistem manajemen yang buruk, karena pada dasarnya manajemen mempunyai 4 tahap dalam prosesnya yaitu proses perencanaan, proses pengorganisasian, proses pelaksanaan dan proses pengendalian. Namun Pada saat ini manajemen mempunyai fungsi sebagai berikut :
      1. Perencanaan (planning) adalah memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Perencanaan dilakukan untuk menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu. Manajer mengevaluasi berbagai rencana alternatif sebelum mengambil tindakan dan kemudian melihat apakah rencana yang dipilih cocok dan dapat digunakan untuk memenuhi tujuan perusahaan. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan, fungsi-fungsi lainnya tak dapat berjalan. 
      2. Pengorganisasian (organizing) dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Pengorganisasian mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah dibagi-bagi tersebut. Pengorganisasian dapat dilakukan dengan cara menentukan tugas apa yang harus dikerjakan, siapa yang harus mengerjakannya, bagaimana tugas-tugas tersebut dikelompokkan, siapa yang bertanggung jawab atas tugas tersebut, pada tingkatan mana keputusan harus diambil. 
      3. Pengarahan (directing) adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha.

            Jadi sebuah organisasi tidak akan menjadi sebuah organisasi yang sukses mencapai tujuan tanpa adanya sebuah manajemen yang baik didalamnya. Maka dari itu ketua dari sebuah organisasi harus mempunyai kemampuan manajemen yang baik agar dapat membawahi anggotanya secara maksimal sehingga tujuan organisasi pun dapat tercapai.

      • Manajemen dan Tata Kerja

            Nah ini dia salah satu yang tidak kalah penting dalam mewujudkan sistem manajemen yang baik. Yups sistem Tata Kerja.. Tata kerja memiliki arti pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerja sama tersebut harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien. Maksudnya adalah satu cara bagaimana agar sumber-sumber dan waktu yang tersedia dapat dimanfaatkan dengan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan tepat pula. Dengan adanya sistem tata kerja yang tepat berarti proses kegiatan pencapaian tujuan sudah dilakukan secara ilmiah dan praktis. Namun pada umumnya pemakaian tata kerja mempunyai tujuan :

      1. Menghindari terjadinya pemborosan di dalam pendayagunaan sumber-sumber daya dan waktu yang tersedia.
      2. Menghindari hambatan-hambatan dan kesimpangsiuran dalam proses pencapaian tujuan.
      3. Menjamin adanya pembagian kerja, waktu dan koordinasi yang tepat. 

            Jadi dalam mewujudkan sistem manajemen yang baik diperlukan sistem tata kerja yang baik pula dan terstruktur. Hal ini dibutuhkan agar dapat tercapainya tujuan secara tepat waktu. 


      • Manajemen, Organisasi dan Tata Kerja

            Sekarang apa sih hubungan dari manajemen, organisasi dan tata kerja? Yuuk kita bahas disini.. Didalam struktur manajemen yang menjelaskan bahwa harus ada proses kegiatan dan penggunaan sumber daya yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya suatu tujuan yang pastinya ingin dicapai dengan sempurna. Kemudian tata Kerja menjelaskan bagaimana proses kegiatan itu harus dilakukan sesuai dengan sumber daya yang ada dan tersedia.
          Dari hasil penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa organisasi, manajemen, dan tata kerja saling berkaitan atau berhubungan satu sama lain. Manajemen yang merupakan suatu proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar manusia. Untuk melaksanakannya yang diperlukan organisasi sebagai tempat untuk menampung atau alat untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai tersebut. Kemudian untuk mengetahui bagaimana kegiatan kerja sama tersebut sebaiknya dilakukan, maka juga dibutuhkan tata kerja atau metode untuk mencapainya dengan efisien dan tepat.


      • Kenapa menjadi mahasiswa sistem informasi harus belajar teori organisasi umum 1? 

            Karena sebagai mahasiswa sistem informasi nantinya akan bekerja sebagai sebuah tim. Tim disini yang dimaksudkan adalah bekerja dengan sekumpulan orang yang berkemampuan berbeda tetapi mempunyai tujuan yang sama dan harus dicapai. Maka dari itu harus mempunyai sistem manajemen dan tata kerja yang baik sama seperti halnya dengan organisasi. Jika tidak mempunyai kemampuan berorganisasi yang baik maka tidak mungkin juga mempunyai sebuah tim yang baik pula sehingga tujuan yang dicapai tidak seperti yang diharapkan.




      *Referensi :

      • Digg
      • Del.icio.us
      • StumbleUpon
      • Reddit
      • RSS

      0 komentar:

      Posting Komentar