KARANGAN ILMIAH, KARANGAN ILMIAH POPULAR, DAN KARANGAN NON-ILMIAH


Karangan Ilmiah
Karangan ilmiah adalah salah satu jenis karangan yang berisi serangkaian hasil pemikiran yang diperoleh sesuai dengan sifat keilmuannya. Karangan Ilmiah atau yang sering disebut karya ilmiah juga diartikan sebagai karangan yang dibuat berdasarkan cara yang sistematis dan memiliki ciri-ciri tertentu. karya ilmiah merupakan suatu tulisan yang di dalamnya membahas suatu masalah yang dilakukan berdasarkan penyedikan, pengamatan, pengumpulan data yang dapat dari suatu penelitian,baik penelitian lapangan, tes labolatorium ataupun kajian pustaka dan dalam memaparkan dan menganalisis datanya harus berdasarkan pemikiran ilmiah,yang dikatakan dengan pemikiran ilmiah disini adalah pemikiran yang logis dan empiris. Bentuk karangan ilmiah dapat berupa makalah, usulan penelitian, skripsi, tesis, dan disertasi. Sedangkan jenis karangan ilmiah, antara lain laporan penelitian, makalah seminar atau simposium, dan artikel jurnal yang pada dasarnya semua itu merupakan produk dari kegiatan ilmuwan.

Ciri-ciri karangan ilmiah :
a. Menyajikan fakta objektif secara sistematis.
b. Pernyataan cermat, tepat, tulus, dan benar, serta tidak memuat terkaan.
c. Penulisnya tidak mengejar kuntungan pribadi.
d. Penyusunannya dilaksanakan secara sistematis, konseptual dan procedural.
e. Tidak memuat pandangan-pandangan tanpa dukungan fakta.
f.  Tidak emotif menonjolkan perasaan.
g. Tidak bersifat argumentatif, tetapi kesimpulannya terbentuk atas dasar fakta.

Karangan Ilmiah Popular
Karangan semi Ilmiah adalah karangan ilmu pengatahun yang menyajikan fakta umum dan menurut metodologi penulisan yang baik dan benar, ditulis dengan bahasa konkret, dengan gaya bahasa formal, kata-katanya teknis dan didukung dengan fakta umum yang dapat dibuktikan benar atau tidaknya atau sebuah penulisan yang menyajikan fakta dan fiksi dalam satu tulisan dan penulisannya pun tidak semi-formal tetapi tidak sepenuhnya mengikuti metode ilmiah yang sintesis-analitis karena sering dimasukkan karangan non-ilmiah. Maksud dari karangan non-ilmiah tersebut ialah karena jenis semi ilmiah memang masih banyak digunakan misal dalam komik, anekdot, dongeng, hikayat, novel, roman dan cerpen.

Ciri-ciri karangan ilmiah popular adalah :
a. Ditulis berdasarkan fakta pribadi.
b.  Fakta yang disimpulkan subyektif.
c.  Gaya bahasa formal dan popular.
d.  Mementingkan diri penulis.
e.  Melebih-lebihkan sesuatu.
f.   Usulan-usulan bersifat argumentatif.
g.  Bersifat persuasif.

Karangan Non-Ilmiah
Karya non-ilmiah adalah karangan yang menyajikan fakta pribadi tentang pengetahuan dan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari, bersifat subyektif, tidak didukung fakta umum, dan biasanya menggunakan gaya bahasa yang popular atau biasa digunakan (tidak terlalu formal).

Ciri-ciri karangan non-ilmiah:
a. Ditulis berdasarkan fakta pribadi.
b. Fakta yang disimpulkan subyektif.
c. Gaya bahasa konotatif dan populer.
d. Tidak memuat hipotesis.
e. Penyajian dibarengi dengan sejarah.
f.  Bersifat imajinatif.
g. Situasi didramatisir.
h. Bersifat persuasif.
i.  Tanpa dukungan bukti.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar