RINGKASAN SEMINAR
PUSAT STUDI INTERAKSI MANUSIA DAN TEKNOLOGI
“Perspektif terhadap
Intraksi Manusia dan Teknologi dalam Menghadapi Era Globaisasi”
Selasa, 26 Maret 2013
Universitas Gunadarma
* Seminar
Ilmiah dengan Narasumber I : Prof.DrIr. Anang Zaini Gani, MSIE
“ Interaksi Manusia
dan Teknologi dalam Era Globalisasi”
Ø Interaksi
manusia vs teknologi
Sejarahnya :
1. Masyarakat
pertanian (800 SM -1700) penemuan “pacul”.
2. Masyarakat
Industri (1700 – 1970) penemuan alat bantu otot.
3. Masyarakat
informas (1970 – 2000) penemuan alat bantu otak.
Indonesia merupakan
unmanagable country, maksudnya unmanageable disini adalah Indonesia merupakan
negara yang kaya raya tetapi Indonesia tidak bisa mengurus dirinya sendiri
dengan memanfaatkan sumber daya yang ada. Kita masih berkegantungan dengan
impor dari luar yang tidak berbanding lurus dengan expor yang kita keluarkan.
Disini kita punya penggambaran solusinya ;
Ada sebuah system
yang menunjuk ke sebuah model, model merupakan gambaran dari sebuah sistem,
dengan model kita bisa tahu masalah-masalahanya serta solusi menyelesaikan
masalah tersebut. Untuk itu kita perlu gambaran dari negeri ini.
Ø Daya
saing negara
Ada 2 faktor yang
menentukan daya saing negara yaitu manusia dan teknologi. Daya saing negara
Indonesia terus turun, hanya perusahaan yang inovatif lah yang dapat maju dan
memajukan Indonesia.
Ø 6
senjata gelap globalisasi
1. Demokrasi
2. HAM
3. HAKI
4. Lingkungan
5. Standarisasi
(ISO)
6. Risk
Country
Ø Teknologi
dan unsurnya
1. Tecnoware
2. Hardware
3. Infoware
4. Organware
Ø Kunci
keberhasilan dalam globalisasi
1. Vision
2. Patience
3. Fows
4. Creativitas
5. Sensitive
* Seminar Ilmiah dengan narasumber II :
Dr.Ing. Adang Suhendra
“ Virtual Reality
Technology”
Ø
Virtual Reality (VR) merupakan sebuah
teknologi untuk memberikan simulasi dan interaksi. VR akan membantu memberikan
pemahaman tentang suatu hal dengan cara simulasi dan interaksi.
Ø Sejarah
VR :
- 1950 untuk simulasi
penerbangan oleh US Air Force
- 1965 untuk program
komputer grafik yang disebut The Ultimate Display.
- 1988 untuk
pemerintah
- 1991 Pertama kali
di komersilkan atau dijual.
Ø Jenis-jenis
VR
1. Windows On World
VR
jenis ini sudah diterapkan di laptop, smart tv, dll.
2. Immersive VR
Visualnya lebih nyata dengan teknologi 3D world.
3. Mixed Reality
(Augmented Reality)
Dengan menggabungkan keadaan yang sesungguhnya.
4. Distributed VR
Ø Masalah-masalah
pada VR
- Cybersickness
- Low-fidelity
- Experience
Ø Teknologi
pada VR
· Hardware
1. Head – Mounted
Display (HMD)
2. Binocular Omni –
Orientation Monitor (BOOM)
3. Cave Automatic
Virtual Environment (CAVE)
4. Data Glove dan
Motion Capture
5. Control Device
· Software
1. Toolkits
2. Authoring System
3. Virtual Reality
Modelling Language (VRML)
Ø Penerapan
aplikasi
1. Entertainment
2. Medicine
3. Eduvation dan training
0 komentar:
Posting Komentar